APLIKASI GRAFIS UNTUK DEKSTOP LINUX

APLIKASI GRAFIS UNTUK DEKSTOP LINUX

Artikel ini di tunjukan untuk anda warnet linux yang besarnya juga bertugas membimbing pengguna warnet dalam menggunakan program, Apa itu Mikrotik ? Mikrotik Router merupakan sistem operasi jaringan sistem operasi network yang banyak digunakan oleh network banyak digunakan oleh service provider  untuk keperluan firewall atau router network. Mikrotik menjadikan fitur dan tool, baik untuk jaringan kabel maupun wireless. Mikrotik router adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk menjadi komputer network dan menjadi jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP Dan Provider hostpot. Squid dan Mikrotik Router adalah pasangan yang sangat cocok untuk sebuah jaringan dan ini sangat cocok bagi anda untuk membuka usaha jasa warnet, game online maupun keperluan kantor perusahaan.


Artikel ini ditunjukan untuk Anda pengelola warnet Linux yang besarnya juga bertugas membimbing pengguna warnet dalam menggunakan program, selain untuk pengguna Linux  umumnya yang ingin mengelola foto di gital. Jika terpaksa harus menggunakan Photosop, Anda juga dibimbing cara menjalankanya di Linux.

Salah satu tujuan seseorang mengunjungi warnet adalah untuk mengirim foto atau pekerjaan lain yang berhubungan dengan foto. Fotografer atau pecinta Fotografi atau orang yang sekedar ingin membuat album foto digital mendukung profesi maupun hobi yang sedang di gelutinya. Mereka datang ke warnet Linux untuk menggunakan beberapa aplikasi mulai dari memindahkan foto dari kamera ke komputer, membuat album atau memanajemen foto, hingga me-retouch hasil bidikanya.  

Digikam adalah aplikasi digital photo managemen yang sangat andal dengan menggunakan interface yang mudah dan simple, sehingga mempermudah dalam memangament dan mengambil foto dari kamera di gital selain mudah digunakan, Digikam menyediakan fitur untuk para fotograopher profesional, dengan dukungan terhadap file berformat raw yang tidak terkompresi dan juga ICC color management.


Instalasi Digikam

Digikam dapat diperoleh dari paket binary yang disediakan untuk distro anda, biasanya untuk auto distro yang mengusung, KDE sebagai default dekstopnya telah menyertakan aplikasinya didalamnya downloadlah paket digikam seperti RPM maupun DEB sesuai dengan distro yang digunakan. Bagi yang ingin menginstal menggunakan  source berikut langkah instalasinya
             Ekstak terlebih dahulu file kompresi Digikam

             $ tar xvfj digikam-0.9.2-final.tar bs2
             Masukan folder digikam hasil ekstrak dan jalankan perintah $ configure . --prefix=/usr
Setelah langkah konfigurasi berhasil dan tidak menemukan error, lanjutkan dengan mengkompilasinya dengan perintah $ make 
Kemudian langkah terakhir adalah menginstall hasil kompilasi dan akan ditempatkan pada folder yang sesuai dengan  ""--prefix" saat langkah "./configure"
$ su -c  "make install" password; ********

GIMP 

GIMP merupakan aplikasi bitmap editing untuk memanipulasi gambar atau foto format bitmap GIMP sendiri tergolong aplikasi pengolah foto yang profesiional seperti layaknya photosop. Selain itu dapat di jalankan di platform Linux, GIMP baru saja meluncurkan versi terbaru 2.4, yang menyediakan banyak fitur baru dan perubahan struktur menu sehingga lebih mudah untuk digunakan. 

PICASAPicasa adalah aplikasi yang membatu anda mencari, mengedit, dan mengirim foto di dalam PC Anda dnegan mudah Anda dapat memakai Picasa untuk mengambil foto foto yang terdapat di dalam kamera digital setiap kali picasa di jalankan, secara otomatis Picasa akan memindai lokasi yang ditentukan secara otomatis untuk melakukan foto gambar yang adan miliki, dan akan dikumpulkan dan diatur dalam album visual berdasarkan waktu atau tanggal dan di berikan nama berdasarkan nama map yang dengan mudah anda kenali.  
Back To Top